Minggu, 09 Desember 2018

Review Ponsel Nokia 5000 Si Tipis Manis Nan Minimalis

nokia5000

Sekilas bentuk dan desainnya mengingatkan kita pada Nokia 5310 Xpress Music, namun ponsel ini tak punya embel-embel apapun

Nokia cukup cerdik melihat peluang pada konsumen ponsel di negara berkembang, khususnya Indonesia. Dari riset Nokia, konsumen Indonesia saat ini terlihat bergeser ke pengguna yang suka menggantikan ponselnya dengan ponsel keluaran baru (replacement buyers). Untuk itulah Nokia 5000 dihadirkan dengan desain yang tipis dan minimalis. Bekal fitur terbilang komplet, tapi harga yang ditawarkan relatif terjangkau. Tentunya berbeda dengan Nokia 5310 Xpress Music yang fokus pada fitur musik.

Mulai dari fitur messaging yang semakin berwarna berkat Nokia

Xpress Messaging, kamera 1,3 megapixel, music player dan radio FM yang mampu merekam siaran hingga keleluasaan berselancar di internet dapat diperoleh dalam satu ponsel ini. Menonton hasil rekaman video, jepretan foto dan menu-menu yang terpampang cukup nyaman di mata berkat dukungan teknologi yang menyertai. Berikut keseluruhan pengujian yang dilakukan SELULAR

DESAIN

Balutan warna pada badan ponsel dipenuhi dengan warna putih bersih dengan sentuhan kental ungu elektrik. Dimensinya pas dan menyatu dalam genggaman tangan. Pas dengan ukurannya sebesar 106 x 46 x12 mm.

  • Pengujian: Keergonomisan ponsel saat dipegang dan digunakan.
  • Catatan : Tak ada masalah dengan ukuran keypad, hanya saja materialnya agak sedikit mengganggu saat ditekan. LAYAR

Keleluasaan menatap menu fitur pada bentangan layar sebesar 2 inchi berkat dukungan teknologi layar TFT. Teks yang termuat saat membaca pesan masuk mampu mencapai 10 baris dengan jenis font normal. Dengan resolusi sebesar 240 x 320 pixel, pandangan di layar cukup jelas dan jernih.

Pengujian : Visual layar dalam keadaan standby maupun masuk kedalam menu-menu.

AUDIO

Meskipun berukuran tipis, namun kemampuan audio saat mengaktifkan menu music player jangan dianggap enteng. Meski fasilitas pendukung tidak terlalu lengkap, namun fitur standar seperti playlist, loop, shuffle dan mute audio tersedia.

  • Pengujian : Memainkan lagu American Idiot dengan loudspeaker pada volume maksimal.
  • Catatan : Sayangnya tidak ada tombol shortcut volume pada badan ponsel
  • Catatan : Themes dapat disesuaikan dengan warna sentuhan cover. Semisal ponsel berwarna ungu, pilihan themes menyesuaikan.

KAMERA

Sebagai ponsel pengganti dengan harga yang terjangkau, bekal kamera sebesar 1,3 megapixel rasanya cukup mumpuni.

Resolusi dan kualitas jepretan dapat disesuaikan dengan keinginan. Maksimal resolusi mencapai 1280 x 1024 pixel. Sedangkan fasilitas video recorder mampu merekam gambar dengan durasi yang diinginkan.

  • Pengujian : Mengambil foto suasana malam dengan kualitas tertinggi dan resolusi maksimal.
  • Catatan : Fasilitas pendukung masih standar, tidak ada flash dan white balance.

INTERNET

Berhubungan dengan dunia maya bisa menggunakan ponsel berdesain minimalis ini karena telah tersedia fitur Web bersetting otomatis. Browser yang sudah tertanam ialah Opera Mini. Ketika diuji, kecepatannya lumayan cepat tergantung sinyal GPRS yang mampu ditangkap.

  • Pengujian : Gunakan fasilitas bookmarks jika ingin cepat kembali ke halaman yang dituju dan tentunya hemat waktu.
  • Catatan : Jangan lupa mengganti setting operator kartu jika berganti

BATERAI

Kemampuan baterai menjadi sebuah faktor yang patut diperhatikan dari sebuah ponsel. Baterai jenis Lithium Ion melengkapi kekuatan ponsel. Seperti ponsel keluaran Nokia lainnya, baterai terletak di belakang menutupi kartu SIM.

  • Pengujian : Daya tahan baterai saat memainkan games selama kurang lebih 60 menit.
  • Catatan : Bobot fisik baterai diuji beratnya yaitu 16 gram.

MESSAGING

Fitur yang tersedia di dalam menu messaging terdiri dari teks, email, audio dan flash message. Untuk mengirimkan satu kali pesan teks, tersedia 1 000 karakter. Flash message bisa digunakan untuk berkirim pesan singkat sembari menyertakan emoticon.

  • Pengujian : Mengirim flash message ke ponsel lain dan memantau besaran kapasitas yang tersisa pada phone memory.
  • Catatan : Tidak bisa menggunakan email messaging, bisa jadi dikarenakan ponsel ini masih bertipe prototype

Penilaian Akhir

Secara umum, kinerja ponsel Nokia 5000 serta fitur-fitur yang melengkapi dapat berjalan dengan baik. Sayangnya konsumen tidak akan dimanjakan dengan ruang penyimpanan yang luas karena tak ada memori eksternal dan memori internal yang tak cukup muat menampung banyak lagu dan foto.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.